Selamat datang di www.assirykaligrafimasjid.com , Kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa terbaik di Indonesia. Semoga kami bisa memberi inspirasi bagi anda. Untuk respon cepat, hubungi kami di HP. 0857 1222 3822 , email/facebook : assirykaligrafimasjid@gmail.com , terimakasih...
CV. Assiry Art dalam Liputan

Beranda

Selamat Datang di www.assirykaligrafimasjid.com , kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa yang lain, silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

www.assirykaligrafimasjid.com adalah buah karya dari Muhammad Assiry Owner CV. Assiry Art, seorang seniman dari kota Kudus. Sejak kecil, ia sudah terlihat bakatnya dalam bidang seni. Bakat tersebut semakin terasah seiring bertumbuh remaja di bawah bimbingan para guru kaligrafi di Kudus diantaranya: Kyai Abdul Hafidz (alm), H.Mc.Noor Syukron dan KH.Nur Aufa Shiddiq (alm). Kemudian hijrah ke Lemka Sukabumi Pimpinan KH.DR.Sirajuddin AR. dan berguru dengan banyak kaligrafer masyhur se-Jabodetabek. Kemudian hijrah ke Jakarta fokus belajar Ilmu Seni Rupa kepada kakak kandungnya, Rosidi ( Wadah Art) Tangsel, Banten.

"Alhamdulillah, Hadza min Fadhli Rabbi" Begitu Muhammad Assiry menyebutnya sebagai berkah dan kenikmatan yang Allah berikan kepadanya begitu berlimpah.

Kini segudang prestasi kaligrafi telah ia raih baik Juara 1 Kaligrafi tingkat Nasional maupun Juara 1 Kaligrafi ditingkat Asia tenggara (ASEAN). Juga berhasil mengkader ratusan Santri yang berprestasi juara 1 Kaligrafi Nasional dan Juara 1 Kaligrafi tingkat Internasional. Santri -Santri PSKQ Modern (Pesantren Seni Rupa & Kaligrafi Al Quran) tersebar dari berbagai Propinsi di Indonesia.

Sudah ratusan Masjid/Musholla, Gedung, Mall, Perkantoran, Masjid Kementerian Negara, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya bersama Assiry Art Team Work.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi kepada anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik Kaligrafi Masjid, Ornamen GRC,Ukir Kaligrafi serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

Berikut ini beberapa jasa seni rupa dan kaligrafi yang kami tawarkan

Jasa Pembuatan Kaligrafi Kubah Masjid

kaligrafi kubah

Kubah merupakan komponen penting sebuah masjid, dengan sentuhan kaligrafi dan ornamen estetik akan membuat kubah menjadi indah. Tak perlu diragukan lagi, pengalaman kami dalam membuat kaligrafi kubah sudah terbukti dengan banyaknya masjid/musholla yang sudah menggunakan jasa kami. Baik itu kubah berhias kaligrafi, ornamen, lukisan awan dan yang lain. Informasi lebih lanjut klik di sini

Kaligrafi dan Dekorasi Dinding Masjid

kaligrafi masjid

Dengan tidak mengurangi kekhusukan dalam beribadah, keberadaan kaligrafi pada dinding masjid akan membuat masjid menjadi semakin megah, indah dan lebih sejuk. Kami adalah profesional di bidang ini dan kami berani memberikan garansi lebih di setiap karya kami. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi Mihrab Masjid

kaligrafi masjid

Mihrab Masjid identik dengan nuansa dekoratif islami. Kami adalah profesional di bidang ini dan kami berani memberikan garansi lebih di setiap karya kami. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi dan Ornamen Timbul

kaligrafi masjid timbul

Berbeda dengan kaligrafi dinding, kaligrafi teknik timbul ini akan terlihat lebih elegan, dipadukan dengan ornamen khas timur tengah membuat Masjid semakin eksotik. Kami menerima pesanan kaligrafi maupun ornamen timbul sesuai dengan keinginan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi Lukis Kanvas

kaligrafi lukis kanvas

Selain kaligrafi dinding masjid, kaligrafi kanvas juga sangat diminati, karena bisa dipasang di rumah, di ruang tamu, kamar dan di sudut-sudut rumah yang lain. Sentuhan-sentuhan artistik kami akan membuat rumah anda semakin adem. Informasi lebih lanjut klik di sini

Seni Lukis Realis on Canvas

kaligrafi lukis kanvas

Tidak hanya kaligrafi saja, seni lukis realis di kanvas adalah salah satu spesialisasi kami. Bagi anda yang ingin mengabadikan momen-momen indah dan menuangkannya dalam sebuah karya seni, maka tidak salah lagi, anda berada di tempat yang tepat. Kami siap mewujudkan keinginan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Kaligrafi Ukir Kayu

kaligrafi ukir kayu

Bagi anda yang mempunyai rumah dengan arsitektur alami, yang menonjolkan lebih banyak unsur kayu, maka kaligrafi ukir kayu ini akan semakin cocok menempel di dinding rumah anda. kami juga bisa melayani ukuran dan jenis tulisan sesuai dengan pesanan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Cat Air Brush Dekoratif

seni airbrush dekorativ

Anda mungkin pernah membayangkan bisa memiliki rumah dengan warna dan tekstur klasik? atau ingin mempunyai rumah yang tampil beda? jawabannya ada di sini, kami juga spesialis pembuatan cat air brush dekoratif untuk dinding dan bagian lain rumah anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Seni Patung dan Miniatur 3 Dimensi

seni patung 3 dimensi

Karena tingkat kesulitan yang tinggi, tidak banyak yang bisa membuat patung dan minatur 3 dimensi yang hampir menyerupai bentuk aslinya. Tapi, kami siap menerima pesanan patung dalam bentuk sesuai yang anda inginkan. Informasi lebih lanjut klik di sini

GRC KUBAH

Kubah GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan kubah Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya, Kubah GRC terbilang lebih murah daripada kubah dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

GRC KRAWANGAN


GRC Krawangan sudah menjadi hal yang wajib ada di sebuah masjid. Keindahan corak dan tekstur krawangan GRC menjadikan masjid terlihat lebih elegan

Silahkan klik di sini

GRC KALIGRAFI

Kaligrafi GRC menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan kaligrafi timbul yang megah dan terkesan mewah

Silahkan klik di sini

GRC LISTPLANG


Listplang GRC dengan motif ukiran dan atau ornamen akan membuat Masjid semakin indah. Kami melayani segala bentuk motif untuk listplang

Silahkan klik di sini

GRC MOTIF MASIF

Siapa yang tak takjub melihat indahnya ornamen dan motif GRC. Dengan paduan desain yang unik dan elegan menjadikan GRC motif masif ini terlihat mencolok dan sedap dipandang.

Silahkan klik di sini

GRC MAKARA TIANG


Tiang penyangga pada Masjid akan semakin elok dipandang jika dipadukan dengan GRC Makara tiang, dengan motif dan ornamen klasik semakin membuat Masjid terlihat elegan.

Silahkan klik di sini

GRC MAHKOTA KUBAH

GRC Mahkota kubah sebagai pelengkap Kubah GRC anda. Dibuat berdasarkan desain yang anda inginkan.

Silahkan klik di sini

GRC MENARA

Menara GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan Menara Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya Menara GRC terbilang lebih murah daripada Menara dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

RELIEF BATU PARAS JOGJA

Relief batu paras jogja begitu rumit dan unik desain dan coraknya. Tentunya semakin membuat Masjid atau rumah anda terlihat unik dan menarik

Silahkan klik di sini

Untuk melihat semua produk dan karya kami, silakan klik pada header menu www.assirykaligrafimasjid.com atau pada side bar menu yang ada di samping sebelah kanan, terimakasih .

HOME - PROFIL - ALBUM KARYA - PORTOFOLIO - TESTIMONI - KONTAK

_______________________________________

Monday, October 17, 2016

DEBUR OMBAK KALIGRAFI AHMAD RIFAI DARI UNDAAN KUDUS JATENG

Assiry gombal mukiyo, 18 Oktober 2016





Alhamdulillah PSKQ telah berhasil melahirkan banyak juara kaligrafi dan seniman yang berkecimpung di masyarakat, baik sebagai guru atau pembina, pengusaha kaligrafi ataupun pendiri sanggar seni. Fakta di lapangan menunjukkan, bahwa hampir 99 % alumni PSKQ sukses dalam prestasi maupun karir di bidang kaligrafi.

Tanpa bermaksud untuk membanggakan diri, tetapi justru inilah bagian dari rasa syukur kami yang tidak sia-sia mendirikan PSKQ Modern 10 Tahun yang silam. Dari prestasi Santri/Alumni PSKQ Kudus yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dalam berbagai ajang perlombaan kaligrafi, baik tingkat propinsi, nasional, ASEAN hingga Internasional, juga karir yang mereka geluti di bidang kaligrafi.

Ahmad Rifai adalah Santri pertama PSKQ Modern atau angkatan 2007- 2009. Tahun 2010 sampai 2011 ia ikut terlibat langsung dengan ikut bergabung dengan CV. Assiry Art sebagai langkah awal bagi dasar untuk langkah dan pengembangan karier kaligrafi Rifa'i kedepan.

Banyak prestasi yang diraihnya, diantaranya: Juara 1 kaligrafi SELEKNAS cab. naskah tingkat Prop. Jateng 2010. Juara 1 kaligrafi cab. Naskah tingkat .prop Jateng 2012. Pendiri GALLERY SURYA KALIGRAFI di Lampung th.2010 dan pendiri Sanggar Rifai Art sejak 2012 hingga saat ini yang terletak di Desa Undaan Kidul, Undaan Kudus, Jawa Tengah.

Kondisi perkaligrafian di Jawa Tengah yang layu dan bisa dikatakan jauh dari berkembang. Bahkan perlombaan dan MTQ Kaligrafi di Jateng ysng betul -betul sedang "sakaratul maut". Membuat para Peserta lomba kaligrafipun cenderung tidak semangat nengikuti Lomba MTQ di Jawa Tengah. Ketika mereka ditanya kenapa ndak ikut Lomba Kaligrafi ? Mereka menjawab "Ah ndak ikut ah, males. lha wong lomba kaligrafi tingkat Propinsi Jateng Hadiahnya cuma 500 rb".

Jawaban yang sangat menyisakan keprihatinan yang mendalam bagi para kader Kaligrafi di Jateng. Bahkan perkembangan Kaligrafi di Jateng bisa juga disebut "koma" artinya maju tidak mundurpun juga tidak. Ini karena Pemerintah Jawa Tengah khususnya LPTQ kurang nemperhatikan para Kaligrafer dan penggiat Seni Kaligrafi di Jateng sehingga membuat banyak kader binaan Kaligrafi PSKQ Modern terjun bebas dan fokus mendirikan Sanggar Kaligrafi dengan melayani Jasa Kaligrafi diberbagai Masjid dan media lainnya.

Bahkan saya sering mengeluarkan pernyataan untuk tidak usah terlalu berharap banyak dengan LPTQ Jateng, karena percuma dan sia-sia. Mendingan kita fokus bagaimana dengan kaligrafi itu bisa menjadi sebaik -baiknya penghasilan yang memberkahi ( khairu maksabi) dan bahkan bisa lebih dari itu.

"Ora patheen jika Pembinaan kaligrafi di Jateng tidak pernah ada sama sekali, meskipun pembinaan -pembinaan tahfidh, tilawah dan lainnya terus dan rutin diadakan, bahkan terus diseminarkan dibeberapa daerah di Jawa Tengah". Begitu saya menghibur dan membesarkan hati para kader Kaligrafi Jawa Tengah yang semakin hari semakin kurus badannya karena memikirkan hal itu.

Saya yakin bahwa Peserta Lomba Kaligrafi dimanapun berada mereka tidak berniat mencari uang sebagai hadiahnya. Tapi "mbok ya" hadiahnya minimal pantas untuk mengapresiasi dan memberikan semangat agar bisa lebih berkembang. Ini kan ironi dan menyedihkan. Mengingat Prop.Banten, Jakarta, Jabar, dan seluruh Propinsi di Indonesia memberikan bonus Haji atau umrah bagi yang berhasil juara 1 dalam lomba kaligrafi dan cabang lainnya. Cuma Jateng saja yang loyo.

Tetapi bisa jadi karena LPTQ Jateng ingin para Peserta lomba kaligrafi dan cabang lainnya bisa menjadi kader yang "ikhlas", ikhlas dalam bermusabaqoh tanpa harus berfikir sedikitpun tentang uang dan dunia. Jika memang inilah yang dikehendaki LPTQ Jateng untuk para peserta MTQ Jawa Tengah berarti LPTQ Jawa Tengah betul - betul mulia hatinya.

Sangat realistis memang, setiap Santri dan Kader PSKQ Modern berhak memilih apakah fokus belajar dengan hanya mengikuti event lomba kaligrafi atau memilih berbisnis dan mendirikan sanggar agar dapurnya tetap bisa "ngebul".

Inilah yang juga dilakukan oleh Sdr. Ahmad Rifai. Tidak mudah melewati pahitnya belajar hingga berhasil seperti sekarang ini. Sukses menaburkan ombak kaligrafi di Indonesia. Meskipun Rifai terbilang "Anak Singkong" atau anak "ndeso". Tetapi hal itu justru membuat ia semakin semangat dengan kesuksesan yang diraihnya saat ini.

Sejak di Pskq Modern Kudus Jateng, Rifai begitu panggilan akrabnya, memilih jalan yang mungkin kontoversi. Disaat semua remaja seusianya bekerja di proyek bangunan, atau kuliyah ia justru fokus mendalami Kaligrafi di PSKQ Modern. Saya bahkan menggratiskan seluruhnya beaya SPP, dan pendaftaran khusus untuk Santri-Santri PSKQ Modern yang berasal dari Kudus juga memberikan fasilias makan dan lainnya kepada Rifai dan lainnya yang berasal dari Kudus. Bukan tanpa alasan, Ini saya lakukan untuk terus mengkader calon -calon Seniman Muslim yang asli dari Kudus, karena mengingat banyak Santri PSKQ Modern yang justru berasal dari luar Jawa Tengah.

Meskipun saat itu saya hanya pengangguran hanya mengandalkan sebagai Guru Kaligrafi, belum terjun dan berbisnis melayani jasa kaligrafi diseluruh Indonesia seperti saat sekarang ini. Masa -masa yang sangat sulit secara ekonomi bagi saya dimana saya harus "mikirin" bagaimana Santri bisa belajar dengan ringan dengan memberikan fasilas secara gratis. Tentunya ini tidak lepas dari perjuangan keras saya dan dorongan dari Ummi Anik Ardiani yang luar biasa, ibu dari anak saya Divani Bilqyz dan Sulthan Katiby Al Hakim. Perjuangan yang semoga tanpa pamrih. Tentu hanya Allah yang tahu.

Harus saya bayar dengan mahal untuk bisa mengkader, menelurkan bibit -bibit dan tunas -tunas Kaligrafer dan Seniman baru. Semuanya terbayar sudah dengan berhasil mencetak mereka para Santri dan Kader PSKQ Modern dan hanya bisa bangga dan mensyukuri semuanya sebagai nikmat dan karunia Allah semata. Mereka sukses dengan profesinya sebagai Seniman Kaligrafi Islam dan Pengusaha Kaligrafi.

Rifai melakukan gebrakan -gebrakan karya kaligrafi dengan mengolah konsep kaligrafi dekorasi Masjid dengan gaya klasik dan modern dengan memadukan konsep batik dan kadang juga mengawinkan konsep -konsep Seni Rupa Modern. Karya -karyanya khas, berkarakter dan kembut warnanya selembut kepribadiannya.

Banyak karya -karya Kaligrafinya yang menghiasi Masjid dan Musholla di Indonesia, mulai dari Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera, Jawa Tengah, Kalimantan dan lainnya. Ratusan karya lukisan dan cenderamata kaligrafi dikoleksi banyak orang dari pejabat dan lainnya.

Tidak berlebihan jika saya menyebut Desa Undaan sebagai "Kampung Kaligrafi Indonesia". Selain berdiri PSKQ Modern juga banyak kader dan Santri Alumni PSKQ yang mendirikan sanggar-sanggar kaligrafi dengan berprinsip "fastabiqu al khairaat".

Bukan bersaing, bukan untuk bisa disebut unggul, tetapi Sanggar -sanggar yang ada menjadi saling asah, asih dan asuh dan makin terus menebarkan virus-virus kemanfaatan di nusantara ini.

Semoga debur ombak kaligrafimu terus meliuk -liuk dan menari -nari indah dimanapun berada Mas Rifa'i, Amiiiin.