Selamat datang di www.assirykaligrafimasjid.com , Kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa terbaik di Indonesia. Semoga kami bisa memberi inspirasi bagi anda. Untuk respon cepat, hubungi kami di HP. 0857 1222 3822 , email/facebook : assirykaligrafimasjid@gmail.com , terimakasih...
CV. Assiry Art dalam Liputan

Beranda

Selamat Datang di www.assirykaligrafimasjid.com , kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa yang lain, silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

www.assirykaligrafimasjid.com adalah buah karya dari Muhammad Assiry Owner CV. Assiry Art, seorang seniman dari kota Kudus. Sejak kecil, ia sudah terlihat bakatnya dalam bidang seni. Bakat tersebut semakin terasah seiring bertumbuh remaja di bawah bimbingan para guru kaligrafi di Kudus diantaranya: Kyai Abdul Hafidz (alm), H.Mc.Noor Syukron dan KH.Nur Aufa Shiddiq (alm). Kemudian hijrah ke Lemka Sukabumi Pimpinan KH.DR.Sirajuddin AR. dan berguru dengan banyak kaligrafer masyhur se-Jabodetabek. Kemudian hijrah ke Jakarta fokus belajar Ilmu Seni Rupa kepada kakak kandungnya, Rosidi ( Wadah Art) Tangsel, Banten.

"Alhamdulillah, Hadza min Fadhli Rabbi" Begitu Muhammad Assiry menyebutnya sebagai berkah dan kenikmatan yang Allah berikan kepadanya begitu berlimpah.

Kini segudang prestasi kaligrafi telah ia raih baik Juara 1 Kaligrafi tingkat Nasional maupun Juara 1 Kaligrafi ditingkat Asia tenggara (ASEAN). Juga berhasil mengkader ratusan Santri yang berprestasi juara 1 Kaligrafi Nasional dan Juara 1 Kaligrafi tingkat Internasional. Santri -Santri PSKQ Modern (Pesantren Seni Rupa & Kaligrafi Al Quran) tersebar dari berbagai Propinsi di Indonesia.

Sudah ratusan Masjid/Musholla, Gedung, Mall, Perkantoran, Masjid Kementerian Negara, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya bersama Assiry Art Team Work.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi kepada anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik Kaligrafi Masjid, Ornamen GRC,Ukir Kaligrafi serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

Berikut ini beberapa jasa seni rupa dan kaligrafi yang kami tawarkan

Jasa Pembuatan Kaligrafi Kubah Masjid

kaligrafi kubah

Kubah merupakan komponen penting sebuah masjid, dengan sentuhan kaligrafi dan ornamen estetik akan membuat kubah menjadi indah. Tak perlu diragukan lagi, pengalaman kami dalam membuat kaligrafi kubah sudah terbukti dengan banyaknya masjid/musholla yang sudah menggunakan jasa kami. Baik itu kubah berhias kaligrafi, ornamen, lukisan awan dan yang lain. Informasi lebih lanjut klik di sini

Kaligrafi dan Dekorasi Dinding Masjid

kaligrafi masjid

Dengan tidak mengurangi kekhusukan dalam beribadah, keberadaan kaligrafi pada dinding masjid akan membuat masjid menjadi semakin megah, indah dan lebih sejuk. Kami adalah profesional di bidang ini dan kami berani memberikan garansi lebih di setiap karya kami. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi Mihrab Masjid

kaligrafi masjid

Mihrab Masjid identik dengan nuansa dekoratif islami. Kami adalah profesional di bidang ini dan kami berani memberikan garansi lebih di setiap karya kami. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi dan Ornamen Timbul

kaligrafi masjid timbul

Berbeda dengan kaligrafi dinding, kaligrafi teknik timbul ini akan terlihat lebih elegan, dipadukan dengan ornamen khas timur tengah membuat Masjid semakin eksotik. Kami menerima pesanan kaligrafi maupun ornamen timbul sesuai dengan keinginan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi Lukis Kanvas

kaligrafi lukis kanvas

Selain kaligrafi dinding masjid, kaligrafi kanvas juga sangat diminati, karena bisa dipasang di rumah, di ruang tamu, kamar dan di sudut-sudut rumah yang lain. Sentuhan-sentuhan artistik kami akan membuat rumah anda semakin adem. Informasi lebih lanjut klik di sini

Seni Lukis Realis on Canvas

kaligrafi lukis kanvas

Tidak hanya kaligrafi saja, seni lukis realis di kanvas adalah salah satu spesialisasi kami. Bagi anda yang ingin mengabadikan momen-momen indah dan menuangkannya dalam sebuah karya seni, maka tidak salah lagi, anda berada di tempat yang tepat. Kami siap mewujudkan keinginan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Kaligrafi Ukir Kayu

kaligrafi ukir kayu

Bagi anda yang mempunyai rumah dengan arsitektur alami, yang menonjolkan lebih banyak unsur kayu, maka kaligrafi ukir kayu ini akan semakin cocok menempel di dinding rumah anda. kami juga bisa melayani ukuran dan jenis tulisan sesuai dengan pesanan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Cat Air Brush Dekoratif

seni airbrush dekorativ

Anda mungkin pernah membayangkan bisa memiliki rumah dengan warna dan tekstur klasik? atau ingin mempunyai rumah yang tampil beda? jawabannya ada di sini, kami juga spesialis pembuatan cat air brush dekoratif untuk dinding dan bagian lain rumah anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Seni Patung dan Miniatur 3 Dimensi

seni patung 3 dimensi

Karena tingkat kesulitan yang tinggi, tidak banyak yang bisa membuat patung dan minatur 3 dimensi yang hampir menyerupai bentuk aslinya. Tapi, kami siap menerima pesanan patung dalam bentuk sesuai yang anda inginkan. Informasi lebih lanjut klik di sini

GRC KUBAH

Kubah GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan kubah Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya, Kubah GRC terbilang lebih murah daripada kubah dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

GRC KRAWANGAN


GRC Krawangan sudah menjadi hal yang wajib ada di sebuah masjid. Keindahan corak dan tekstur krawangan GRC menjadikan masjid terlihat lebih elegan

Silahkan klik di sini

GRC KALIGRAFI

Kaligrafi GRC menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan kaligrafi timbul yang megah dan terkesan mewah

Silahkan klik di sini

GRC LISTPLANG


Listplang GRC dengan motif ukiran dan atau ornamen akan membuat Masjid semakin indah. Kami melayani segala bentuk motif untuk listplang

Silahkan klik di sini

GRC MOTIF MASIF

Siapa yang tak takjub melihat indahnya ornamen dan motif GRC. Dengan paduan desain yang unik dan elegan menjadikan GRC motif masif ini terlihat mencolok dan sedap dipandang.

Silahkan klik di sini

GRC MAKARA TIANG


Tiang penyangga pada Masjid akan semakin elok dipandang jika dipadukan dengan GRC Makara tiang, dengan motif dan ornamen klasik semakin membuat Masjid terlihat elegan.

Silahkan klik di sini

GRC MAHKOTA KUBAH

GRC Mahkota kubah sebagai pelengkap Kubah GRC anda. Dibuat berdasarkan desain yang anda inginkan.

Silahkan klik di sini

GRC MENARA

Menara GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan Menara Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya Menara GRC terbilang lebih murah daripada Menara dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

RELIEF BATU PARAS JOGJA

Relief batu paras jogja begitu rumit dan unik desain dan coraknya. Tentunya semakin membuat Masjid atau rumah anda terlihat unik dan menarik

Silahkan klik di sini

Untuk melihat semua produk dan karya kami, silakan klik pada header menu www.assirykaligrafimasjid.com atau pada side bar menu yang ada di samping sebelah kanan, terimakasih .

HOME - PROFIL - ALBUM KARYA - PORTOFOLIO - TESTIMONI - KONTAK

_______________________________________

Monday, July 11, 2016

MENJUAL AYAT AL QURAN

Assiry gombal Mukiyo, 8 Juli 2016

Foto Assiry Presiden Kaligrafi.
 
Dalam sebuah workshop Kaligrafi ada salah satu peserta Workshop yang bertanya kepada saya bahwa menjual ayat Al Quran itu haram hukumnya. Dengan semangat penanya tersebut bahkan memberikan cap bahwa para Kaligrafer adalah orang yang berperilaku haram karena telah menjual ayat dengan harga yang murah.

Saya tersenyum meskipun sebenarnya saya ingin tertawa "ngakak". Untung saya masih bisa menahan karena menurut saya pertanyaan ini sangat lucu.
 
Sebelum saya jawab saya sedikit bercanda ini saya lakukan untuk menurunkan tensi penanya yang sepertinya berkobar-kobar mungkin karena masih jomblo. Jadi pembawaannya seperti ingin menerkam penuh cinta.

Kemudian saya jawab "Memang betul Seniman Kaligrafi tidak boleh menjual ayat dengan harga murah. Lha wong lukisan saya saja harganya mulai dari 50 jt, sedangkan lukisan motif kaligrafi di dinding masjid harganya mulai dari 350 rb permeter lari dengan keterangan ukuran panjang 100 cm dan tinggi 60 cm. Itupun untuk standar yang sangat sederhana.
 
Kalau anda menjual ayat atau karya kaligrafi dengan harga murah itu hak anda bahkan mau dibagi -bagi secaragratispun tidak jadi soal, kalau anda ikhlas barangkali kalau saya jadi asisten Tuhan anda layak saya masukkan Syurga meskipun saya masukkan dahulu ke neraka biar bisa merasakan penderitaan orang-orang yang berada di Neraka. Tapi soal gratisan apalagi jika anda tidak ikhlas malah akan menjadi preseden buruk bagi perekonomianmu sendiri". 

Dalam QS. AL BAQARAH : 41. Allah berfirman: "Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Qur'an) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa".
 
42. "Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu , sedang kamu mengetahui".
وَءَامِنُوا۟ بِمَآ أَنزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُونُوٓا۟ أَوَّلَ كَافِرٍۭ بِهِۦ ۖ وَلَا تَشْتَرُوا۟ بِـَٔايَٰتِى ثَمَنًا قَلِيلًا وَإِيَّٰىَ فَٱتَّقُونِ ﴿٤١﴾ وَلَا تَلْبِسُوا۟ ٱلْحَقَّ بِٱلْبَٰطِلِ وَتَكْتُمُوا۟ ٱلْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ ﴿٤٢﴾
Maksud dari menjual ayat itu adalah jika anda menukar yang haq dan yang bathil seperti yang telah dilakukan oleh Bani Israil padahal mereka sudah diberikan petunjuk kebenaran dalam kitab taurat.
 
Berdasarkan pendapat para Ahli Tafsir Al Quran, makna konkretnya adalah:
- kita jangan mengorbankan akidah (agama) demi kepentingan dunia, misalnya kekuasaan, harta, kepentingan politik dsb.
- Membuat ayat atau dalil palsu; pemikiran sendiri disebutkan wahyu.
- Menyembunyikan ayat Allah atau kebenaran Ilahi.
- Tidak berhukum dengan hukum Allah.

Inti pendapat para ahli tafsir Al Quran .
- Dalam Tafsir Jalalain: Meninggalkan Al-Quran demi hawa nafsu atau kepentingan dunia.
- Dalam Tafsir Al–Qurthubi: mengganti ayat Allah (Al-Quran) demi kesenangan dunia.
- Tafsir Ibnu Katsir : Menolak mengikuti ayat Allah karena digelincirkan oleh urusan–urusan dunia yang rendah. Jadi, intinya: menjual ayat Allah dengan harga murah itu artinya mengabaikan perintah Allah karena mengikuti hawa nafsu atau mengejar kesenangan duniawi.

Tapi kalau menjual lukisan atau tulisan kaligrafi itu bukan dikategorikan sebagai "menjual ayat". Menjual kaligrafi yang notabenenya banyak dari Ayat Al Quran adalah proses seni dan halal hukumnya apalagi jika tujuannya untuk syiar dan dakwah tentu ini lebih mulia nilainya disisi Tuhan.
 
Menjual Kaligrafi dengan harga tertentu diperbolehkan Karena membutuhkan keahlian khusus, cat dan bahan yang juga mahal harganya belum lagi SDM yang mengerjakannya juga bukan asal tukang biasa. Disitulah dasar dibenarkannya kita menghargai setiap karya lukisan kaligrafi dan tentu ada ijab kabul antara Pelaku Seni dengan Peminatnya( Pembeli), berlaku hubungan jual beli entah barang atau jasa asal sama -sama ridho maka halal hukumnya meskipun mahal harganya.
 
Jual beli tidaklah sah jika di dalamnya terdapat paksaan tanpa jalan yang benar. Jual beli baru sah jika ada saling ridho di dalamnya, sebagaiamana firman Allah Ta’ala,
إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ
“kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka (saling ridho) di antara kalian” (QS. An Nisa’: 29).

Inilah bedanya kita menjual barang dan jasa Seni dibandingkan harga bahan makanan, mau anda jual harga berapapun karya kaligrafi anda asal yang beli suka dan ridho maka hukumnya sah dan halal. Bahkan shahabat Ali Karramallahu Wajhah menganjurkan kita untuk belajar kaligrafi karena kaligrafi itu sebagai pembuka peluang atau pintu rizki/bisnis. Shahabat Ali pernah berujar "Alaikum bihusni al khath fainnahu min mafaatihi ar rizqi".
==============================================================
Illustrasi :
Salah satu lukisan Kaligrafi kubah Masjid Assalam, Samarinda Kaltim.Tani Aman 8 Maret 2016 yang diakui oleh predator dan pembajak kaligrafi sebagai karyanya tanpa ijin dan rasa malu.
Untuk melihat kumpulan karya Assiry Art dan beberapa sample karya kolega/partner kami kunjungi: www.assirykaligrafimasjid.com