Selamat datang di www.assirykaligrafimasjid.com , Kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa terbaik di Indonesia. Semoga kami bisa memberi inspirasi bagi anda. Untuk respon cepat, hubungi kami di HP. 0857 1222 3822 , email/facebook : assirykaligrafimasjid@gmail.com , terimakasih...
CV. Assiry Art dalam Liputan

Beranda

Selamat Datang di www.assirykaligrafimasjid.com , kami ahlinya membuat kaligrafi masjid dan karya seni rupa yang lain, silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

www.assirykaligrafimasjid.com adalah buah karya dari Muhammad Assiry Owner CV. Assiry Art, seorang seniman dari kota Kudus. Sejak kecil, ia sudah terlihat bakatnya dalam bidang seni. Bakat tersebut semakin terasah seiring bertumbuh remaja di bawah bimbingan para guru kaligrafi di Kudus diantaranya: Kyai Abdul Hafidz (alm), H.Mc.Noor Syukron dan KH.Nur Aufa Shiddiq (alm). Kemudian hijrah ke Lemka Sukabumi Pimpinan KH.DR.Sirajuddin AR. dan berguru dengan banyak kaligrafer masyhur se-Jabodetabek. Kemudian hijrah ke Jakarta fokus belajar Ilmu Seni Rupa kepada kakak kandungnya, Rosidi ( Wadah Art) Tangsel, Banten.

"Alhamdulillah, Hadza min Fadhli Rabbi" Begitu Muhammad Assiry menyebutnya sebagai berkah dan kenikmatan yang Allah berikan kepadanya begitu berlimpah.

Kini segudang prestasi kaligrafi telah ia raih baik Juara 1 Kaligrafi tingkat Nasional maupun Juara 1 Kaligrafi ditingkat Asia tenggara (ASEAN). Juga berhasil mengkader ratusan Santri yang berprestasi juara 1 Kaligrafi Nasional dan Juara 1 Kaligrafi tingkat Internasional. Santri -Santri PSKQ Modern (Pesantren Seni Rupa & Kaligrafi Al Quran) tersebar dari berbagai Propinsi di Indonesia.

Sudah ratusan Masjid/Musholla, Gedung, Mall, Perkantoran, Masjid Kementerian Negara, maupun kediaman pribadi yang sudah tersentuh goresan tangannya bersama Assiry Art Team Work.

Melalui gubug online ini, kami berharap bisa memberi inspirasi kepada anda dan dengan senang hati kami siap melayani semua kebutuhan akan seni rupa dan kaligrafi, desain artistik Kaligrafi Masjid, Ornamen GRC,Ukir Kaligrafi serta beragam produk kerajinan khas Indonesia dengan desain eksklusif.

Berikut ini beberapa jasa seni rupa dan kaligrafi yang kami tawarkan

Jasa Pembuatan Kaligrafi Kubah Masjid

kaligrafi kubah

Kubah merupakan komponen penting sebuah masjid, dengan sentuhan kaligrafi dan ornamen estetik akan membuat kubah menjadi indah. Tak perlu diragukan lagi, pengalaman kami dalam membuat kaligrafi kubah sudah terbukti dengan banyaknya masjid/musholla yang sudah menggunakan jasa kami. Baik itu kubah berhias kaligrafi, ornamen, lukisan awan dan yang lain. Informasi lebih lanjut klik di sini

Kaligrafi dan Dekorasi Dinding Masjid

kaligrafi masjid

Dengan tidak mengurangi kekhusukan dalam beribadah, keberadaan kaligrafi pada dinding masjid akan membuat masjid menjadi semakin megah, indah dan lebih sejuk. Kami adalah profesional di bidang ini dan kami berani memberikan garansi lebih di setiap karya kami. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi Mihrab Masjid

kaligrafi masjid

Mihrab Masjid identik dengan nuansa dekoratif islami. Kami adalah profesional di bidang ini dan kami berani memberikan garansi lebih di setiap karya kami. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi dan Ornamen Timbul

kaligrafi masjid timbul

Berbeda dengan kaligrafi dinding, kaligrafi teknik timbul ini akan terlihat lebih elegan, dipadukan dengan ornamen khas timur tengah membuat Masjid semakin eksotik. Kami menerima pesanan kaligrafi maupun ornamen timbul sesuai dengan keinginan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini.

Kaligrafi Lukis Kanvas

kaligrafi lukis kanvas

Selain kaligrafi dinding masjid, kaligrafi kanvas juga sangat diminati, karena bisa dipasang di rumah, di ruang tamu, kamar dan di sudut-sudut rumah yang lain. Sentuhan-sentuhan artistik kami akan membuat rumah anda semakin adem. Informasi lebih lanjut klik di sini

Seni Lukis Realis on Canvas

kaligrafi lukis kanvas

Tidak hanya kaligrafi saja, seni lukis realis di kanvas adalah salah satu spesialisasi kami. Bagi anda yang ingin mengabadikan momen-momen indah dan menuangkannya dalam sebuah karya seni, maka tidak salah lagi, anda berada di tempat yang tepat. Kami siap mewujudkan keinginan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Kaligrafi Ukir Kayu

kaligrafi ukir kayu

Bagi anda yang mempunyai rumah dengan arsitektur alami, yang menonjolkan lebih banyak unsur kayu, maka kaligrafi ukir kayu ini akan semakin cocok menempel di dinding rumah anda. kami juga bisa melayani ukuran dan jenis tulisan sesuai dengan pesanan anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Cat Air Brush Dekoratif

seni airbrush dekorativ

Anda mungkin pernah membayangkan bisa memiliki rumah dengan warna dan tekstur klasik? atau ingin mempunyai rumah yang tampil beda? jawabannya ada di sini, kami juga spesialis pembuatan cat air brush dekoratif untuk dinding dan bagian lain rumah anda. Informasi lebih lanjut klik di sini

Seni Patung dan Miniatur 3 Dimensi

seni patung 3 dimensi

Karena tingkat kesulitan yang tinggi, tidak banyak yang bisa membuat patung dan minatur 3 dimensi yang hampir menyerupai bentuk aslinya. Tapi, kami siap menerima pesanan patung dalam bentuk sesuai yang anda inginkan. Informasi lebih lanjut klik di sini

GRC KUBAH

Kubah GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan kubah Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya, Kubah GRC terbilang lebih murah daripada kubah dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

GRC KRAWANGAN


GRC Krawangan sudah menjadi hal yang wajib ada di sebuah masjid. Keindahan corak dan tekstur krawangan GRC menjadikan masjid terlihat lebih elegan

Silahkan klik di sini

GRC KALIGRAFI

Kaligrafi GRC menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan kaligrafi timbul yang megah dan terkesan mewah

Silahkan klik di sini

GRC LISTPLANG


Listplang GRC dengan motif ukiran dan atau ornamen akan membuat Masjid semakin indah. Kami melayani segala bentuk motif untuk listplang

Silahkan klik di sini

GRC MOTIF MASIF

Siapa yang tak takjub melihat indahnya ornamen dan motif GRC. Dengan paduan desain yang unik dan elegan menjadikan GRC motif masif ini terlihat mencolok dan sedap dipandang.

Silahkan klik di sini

GRC MAKARA TIANG


Tiang penyangga pada Masjid akan semakin elok dipandang jika dipadukan dengan GRC Makara tiang, dengan motif dan ornamen klasik semakin membuat Masjid terlihat elegan.

Silahkan klik di sini

GRC MAHKOTA KUBAH

GRC Mahkota kubah sebagai pelengkap Kubah GRC anda. Dibuat berdasarkan desain yang anda inginkan.

Silahkan klik di sini

GRC MENARA

Menara GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan Menara Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya Menara GRC terbilang lebih murah daripada Menara dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

RELIEF BATU PARAS JOGJA

Relief batu paras jogja begitu rumit dan unik desain dan coraknya. Tentunya semakin membuat Masjid atau rumah anda terlihat unik dan menarik

Silahkan klik di sini

Untuk melihat semua produk dan karya kami, silakan klik pada header menu www.assirykaligrafimasjid.com atau pada side bar menu yang ada di samping sebelah kanan, terimakasih .

HOME - PROFIL - ALBUM KARYA - PORTOFOLIO - TESTIMONI - KONTAK

_______________________________________

Sabtu, 29 November 2014

Rahasia Melukis Potret

Assiry gombal mukiuo, 30 November 2014

RAHASIA MELUKIS POTRET 
assiry gombal mukiuo, 2014

Saya sering ditanya tentang teknik atau trik simple agar bisa melukis bentuk obyek atau wajah seseorang tokoh misalnya. Mereka bertanya seperti ini "Bagaimana cara membuat mirip? Apa harus banyak menggambar?"
Ini pertanyaan lumrah dan banyak sekali kawan dan sahabat saya yang belum tau mudahnya melukis Obyek figur orang atau wajah ( potret).  Menurut saya justru lebih sulit menulis kaligrafi kaidah Khatthiyyah.

Disini saya akan buka sedikit rahasianya cara membuat lukisan persis dan mitip sesuai dengan bentuk yang dilukis itu.  Apapun itu bisa melukis potret  wajah nenekmu, kakekmu, tetanggamu ataupun suami/istrimu atau juga orang -orang yang anda cintai dan ingin anda abadikan moment kebersamaan dengan mereka dengan torehan sebuah lukisan yang cantik dan anggun. 
Melukis adalah hobby dan pekerjaan yang teramat menyenangkan buat saya. Maka jika anda ingin mencoba melukis, maka lakukanlah dengan cara yang menyenangkan agar hadilnya juga maksimal.

Pertama, Jika kita melukis obyek wajah misalnya kita harus belajar memperhatikan,mengenali detail-detail kecil seperti: 
-Bentuk mata meliputi ( arah sudut mata, garis lipat atas mata, kantong mata, dll) 
-Bentuk bibir meliputi (lebarnya ,cara menentukan lebar ditarik garis bantu dari mata, lebarnya pas dgn apa, misalnys : pas tengah pupil, pas tengah mata.  Jadi mata dijadikan patokan ukuran saja. 
Tentu bentuk bibir seseorang berbeda beda detailnya. Tentang ciri kas bibirnya, warna, dan lipatan kerutannya. belajarlah mengenali dan mengamati)
-Garis senyum,bentuk pipi..dll,.amati detail-detail kecil seperti misalnya: cekungan kecil, gelap terang warnanya dll.
-Rambut dari helai dan bentuknya, apakah ikal, kriting atau lurus ini betul -betul harus kita perhatikan dengan seksama dan seterusnya sampai leher, lipatan  baju, ukuran bra barangkali juga tidak luput dari perhatian.
Ini jika anda menggunakan jasa model cantik misalnya, anda tidak perlu mengukur branya lngsung tapi cukup diperhatikan dengan jeli pasti proporsional. Tanpa perlu anda memakai meteran atau penggaris, untuk mengukur apakah branya 34 apa 38. Ini sangat tidak dianjurkan. 
-Jika yang disodorkan kepada anda adalh sebuah foto untuk dilukis maka saran saya pakailah teknik geometri atau garis skala jika anda masih pemula. Kalau anda sudah mahir tentu  tanpa pakai teknik itupun sudah pasti bisa hanya dengan mngandalkan fokus dan me perhatikan sekecil apapun bentuk obyek yang anda lukis itu.

Pertanyaan selanjutnya " Apa harus banyak menggambar?"
Jawabnya iya bagi yang masih pemula, karna dengan praktek ,proses mengamati, mengenali, memperhatiksn bentuk secara detail akan semakin membuat anda terasah kepekaan indra rasa ( feeling).  Belajar dari awal membuat anda merasakan sensasi luar biasa, dan akan lebih mudah diingat dan tak terlupakan dimana kesalah kecil dan bhkan kesalah 2 fatal mnjadikan anda semakin matang dalm mnciptakn goresan mulai dari gradasi turunan warna dari gelap keterang dan bgitu sebalik ya.

Kalau tidak sambil praktek ya jangan harap bisa. Msak anda ingin bisa melukis cukup dibayangkan. Ini ilmu terapan butuh diasah dan dipraktekkan. Makanya dalam ilmu mnggambar potret mirip itu mutlak. Fokus pada detail kecil tentang bentuk obyek yang kita lukis itu kuncinya. 
Anda bisa belajar tentang psikologi dan membaca bahasa visual atau ekspresi muka. Bukankan wajah kita adalh jendela bagi hati kita. Wajah seorang paijah misalnya,  yang sedang galau karena ditinggal pacar akan terlihat pucat dan kusam juga murung ketika dibandingkan ketika dia sedang asik bersenda gurau terlihat sumringah dan bahagia.
Anda bisa menilai orang dari wajahnya. Tapi sebelum belajar menilai orang lain, nilai dulu diri sendiri dengan cara sering -sering bercermin atau selfi biar semakin jeli mana wajah kusut dan mana wajah yang sedang move on.
Kenali raut wajahmu buruk dan baiknya ekspresinya,  kalau anda bisa menghafal wajah dan sifat2nya,.kesan mirip itu akan lebih niscaya dan pasti.

Jika bahan yang anda gunakan adalah kertas misalnya, maka anda bisa memakai bahan yang paling sederhana dan mudah didapatkannya, seperti pensil mulai dari ukuran Hb, 4h, 2b, 6b, 8b, konte dan  penghapus.
Tetapi jika bahannya kanvas anda bisa menggunskan cat acrilic dengan campuran air atau cat minyak /oil painting, tentu campuran untuk pngencernya juga minyak khusus.
Anda bisa dapatkan bahan -bahan dan alat lukis lengkap di toko alat lukis atau gramedia, bukan di toko mainan anak -anak, karena saya pastikan tidak ada. Heuheuheu..

Illustrasi :
lukisan Saya, dokumentasi karya lukis potret wajah, gbr kanan th. 2011
dan lukisan realis gbr kori th. 2008. Bahan: Oil on canvas & acrilic on canvas.
Saya sering ditanya tentang teknik atau trik simple agar bisa melukis bentuk obyek atau wajah seseorang tokoh misalnya. Mereka bertanya seperti ini "Bagaimana cara membuat mirip? Apa harus banyak menggambar?"

Ini pertanyaan lumrah dan banyak sekali kawan dan sahabat saya yang belum tau mudahnya melukis Obyek figur orang atau wajah ( potret). Menurut saya justru lebih sulit menulis kaligrafi kaidah Khatthiyyah.
Disini saya akan buka sedikit rahasianya cara membuat lukisan persis dan mitip sesuai dengan bentuk yang dilukis itu. Apapun itu bisa melukis potret wajah nenekmu, kakekmu, tetanggamu ataupun suami/istrimu atau juga orang -orang yang anda cintai dan ingin anda abadikan moment kebersamaan dengan mereka dengan torehan sebuah lukisan yang cantik dan anggun.

Melukis adalah hobby dan pekerjaan yang teramat menyenangkan buat saya. Maka jika anda ingin mencoba melukis, maka lakukanlah dengan cara yang menyenangkan agar hadilnya juga maksimal.
Pertama, Jika kita melukis obyek wajah misalnya kita harus belajar memperhatikan,mengenali detail-detail kecil seperti:
  • -Bentuk mata meliputi ( arah sudut mata, garis lipat atas mata, kantong mata, dll)
  • -Bentuk bibir meliputi (lebarnya ,cara menentukan lebar ditarik garis bantu dari mata, lebarnya pas dgn apa, misalnys : pas tengah pupil, pas tengah mata. Jadi mata dijadikan patokan ukuran saja.Tentu bentuk bibir seseorang berbeda beda detailnya. Tentang ciri kas bibirnya, warna, dan lipatan kerutannya. belajarlah mengenali dan mengamati)
  • Garis senyum,bentuk pipi..dll,.amati detail-detail kecil seperti misalnya: cekungan kecil, gelap terang warnanya dll.
  • Rambut dari helai dan bentuknya, apakah ikal, kriting atau lurus ini betul -betul harus kita perhatikan dengan seksama dan seterusnya sampai leher, lipatan baju, ukuran bra barangkali juga tidak luput dari perhatian.Ini jika anda menggunakan jasa model cantik misalnya, anda tidak perlu mengukur branya lngsung tapi cukup diperhatikan dengan jeli pasti proporsional. Tanpa perlu anda memakai meteran atau penggaris, untuk mengukur apakah branya 34 apa 38. Ini sangat tidak dianjurkan. 
  • Jika yang disodorkan kepada anda adalh sebuah foto untuk dilukis maka saran saya pakailah teknik geometri atau garis skala jika anda masih pemula. Kalau anda sudah mahir tentu tanpa pakai teknik itupun sudah pasti bisa hanya dengan mngandalkan fokus dan me perhatikan sekecil apapun bentuk obyek yang anda lukis itu.
Pertanyaan selanjutnya " Apa harus banyak menggambar?"
Jawabnya iya bagi yang masih pemula, karna dengan praktek ,proses mengamati, mengenali, memperhatiksn bentuk secara detail akan semakin membuat anda terasah kepekaan indra rasa ( feeling). Belajar dari awal membuat anda merasakan sensasi luar biasa, dan akan lebih mudah diingat dan tak terlupakan dimana kesalah kecil dan bhkan kesalah 2 fatal mnjadikan anda semakin matang dalm mnciptakn goresan mulai dari gradasi turunan warna dari gelap keterang dan bgitu sebalik ya.

Kalau tidak sambil praktek ya jangan harap bisa. Msak anda ingin bisa melukis cukup dibayangkan. Ini ilmu terapan butuh diasah dan dipraktekkan. Makanya dalam ilmu mnggambar potret mirip itu mutlak. Fokus pada detail kecil tentang bentuk obyek yang kita lukis itu kuncinya.

Anda bisa belajar tentang psikologi dan membaca bahasa visual atau ekspresi muka. Bukankan wajah kita adalh jendela bagi hati kita. Wajah seorang paijah misalnya, yang sedang galau karena ditinggal pacar akan terlihat pucat dan kusam juga murung ketika dibandingkan ketika dia sedang asik bersenda gurau terlihat sumringah dan bahagia.

Anda bisa menilai orang dari wajahnya. Tapi sebelum belajar menilai orang lain, nilai dulu diri sendiri dengan cara sering -sering bercermin atau selfi biar semakin jeli mana wajah kusut dan mana wajah yang sedang move on.

Kenali raut wajahmu buruk dan baiknya ekspresinya, kalau anda bisa menghafal wajah dan sifat2nya,.kesan mirip itu akan lebih niscaya dan pasti.Jika bahan yang anda gunakan adalah kertas misalnya, maka anda bisa memakai bahan yang paling sederhana dan mudah didapatkannya, seperti pensil mulai dari ukuran Hb, 4h, 2b, 6b, 8b, konte dan penghapus.

Tetapi jika bahannya kanvas anda bisa menggunskan cat acrilic dengan campuran air atau cat minyak /oil painting, tentu campuran untuk pngencernya juga minyak khusus.
Anda bisa dapatkan bahan -bahan dan alat lukis lengkap di toko alat lukis atau gramedia, bukan di toko mainan anak -anak, karena saya pastikan tidak ada. Heuheuheu..

Illustrasi :
lukisan Saya, dokumentasi karya lukis potret wajah, gbr kanan th. 2011
dan lukisan realis gbr kori th. 2008. Bahan: Oil on canvas & acrilic on canvas.